Rekomendasi BCA Syariah Keluar Pekan Ini

By Republika Newsroom
Rabu, 01 Juli 2009 pukul 14:47:00

Rekomendasi BCA Syariah Keluar Pekan Ini

JAKARTA — Ketua Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI, KH Ma’ruf Amin, mengatakan DSN masih memroses rekomendasi BCA Syariah. Namun diharapkan rekomendasi tersebut dapat keluar minggu ini. “BCA sudah presentasi di DSN dan kita harap rekomendasi dapat keluar minggu ini,” kata Ma’ruf saat dihubungi Republika, Rabu (1/7).

Setelah BCA Syariah yang melakukan presentasi pada Senin lalu, Rabu ini giliran Bank Sinarmas yang melakukan presentasi untuk memperoleh rekomendasi dari DSN. “Siang ini Bank Sinarmas akan presentasi untuk menjadi bank umum syariah,” kata Ma’ruf. Ia menambahkan Bank Sinarmas pun diharapkan bisa memeroleh rekomendasi pekan ini.

Ma’ruf menuturkan dengan adanya dua bank baru yang menyatakan komitmennya untuk mendirikan bank syariah maka akan semakin mendorong market share industri perbankan syariah Indonesia. “Dengan bank umum syariah BCA dan Sinarmas pertumbuhan market share perbankan syariah bisa tumbuh lebih besar dan lebih cepat,” ujar Ma’ruf.

Sebelumnya Bank Panin juga telah mendapatkan rekomendasi dari DSN MUI untuk membentuk bank syariah. Sementara bank umum syariah yang ditargetkan hadir dalam waktu dekat adalah Bank Jabar Banten yang melakukan spin off terhadap unit usaha syariahnya.

UUS BNI pun saat ini sedang melakukan langkah yang sama dengan Bank Jabar Banten untuk spin off. Ketentuan modal minimum pembentukan bank syariah hasil spin off menjadi Rp 500 miliar –dari sebelumnya Rp 1 triliun– membuat sejumlah UUS melakukan spin off. gie/ism

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: