Dua Bank Ajukan Rekomendasi Syariah

By Republika Newsroom
Senin, 29 Juni 2009 pukul 10:30:00

Dua Bank Ajukan Rekomendasi SyariahWORDPRESS.COM

JAKART–Sejumlah bank konvensional yang akan membuka unit syariah kian serius mengikuti tahapan yang dilakukan, termasuk di antaranya mendapatkan rekomendasi dari Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI. Dua bank yang dijadwalkan melakukan presentasi di DSN adalah Bank BCA Syariah dan Bank Sinar Mas.

Sekretaris DSN MUI, Hasanuddin mengatakan pekan ini dua bank tersebut akan melakukan presentasi di kantor DSN MUI. “Perwakilan dari BCA dijadwalkan presentasi besok (hari ini-Red) dan kalau tidak salah Bank Sinar Mas sehari setelahnya,” kata Hasanuddin kepada Republika, Senin (29/6). Sebelumnya DSN MUI telah menerima pengajuan rekomendasi dari dua bank itu beberapa waktu lalu.

Dalam presentasi tersebut, lanjutnya, DSN MUI akan menggali lebih dalam mengenai niat dan kesungguhan bank tersebut dalam membuka usaha syariah. “DSN ingin mengetahui sejauh mana komitmen dua bank itu untuk membuka usaha syariah. Jangan sampai nantinya tidak serius terus tutup,” ujar Hasanuddin. Ia pun mengimbau agar lembaga keuangan yang berniat membuka usaha syariah juga tak hanya mengetahui hal positif dari usaha syariah tapi juga pengelolaan risikonya.

Ia menambahkan kehadiran dua bank yang akan membuka usaha syariah tersebut tentu akan semakin menyemarakkan industri perbankan syariah tanah air. Namun hal yang perlu diperhatikan untuk lebih mendorong perkembangan bank syariah adalah dengan menanamkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan bank syariah.

Pada 2003 lalu MUI telah mengeluarkan fatwa bunga haram, namun hal tersebut tak terlalu berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha keuangan syariah yang nonribawi. “Dalam pengamatan sepintas nasabah terlihat belum aware akan bank syariah karena melihat sebatas untung atau tidak untung,” papar Hasanuddin. Untuk itu, tambahnya, perlu peningkatan upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan kepedulian dan perhatian akan lembaga keuangan syariah.

Berdasar data publikasi BI per Mei 2009 terdapat lima bank umum syariah dan 25 unit usaha syariah. Tercatat perbankan syariah Indonesia memiliki aset Rp 53,1 triliun, pembiayaan Rp 40,7 triliun, DPK Rp 40,2 triliun.gie/taq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: