BI: posisi kredit bermasalah masih aman

VIVAnews – Bank Indonesia menilai posisi kredit bermasalah (non performing loan/NPL) masih aman. Tapi bank sentral tetap siaga kalau-kalau terjadi lonjakan.

“NPL masih dalam batas kontrol. Kapasitas untuk meng-absorb juga cukup besar karena CAR-nya juga masih besar. Jadi kita merasa everything masih oke. Tapi tentu kita masih siaga, dan kita minta bank juga,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman Hadad di Jakarta, Rabu 3 Juni 2009.

Sampai pertengahan tahun ini, Muliaman memperkirakan NPL ada di bawah kisaran lima persen. “Tentu saja istilahnya trajectory, bisa beberapa opsi tapi melihat pertengahan tahun kelihatannya trajectory atau swingnya nggak terlalu,” kata dia.

Karena kondisi ekonomi seperti saat ini, Muliaman mengakui beberapa bank sudah menyatakan akan merevisi rencana bisnisnya. “Bukan mengurangi tapi menambah. Saya lihat faktor pembaginya akan lebih besar. Picking up landing menjadi penting,” kata dia.

Menurut Muliaman, bank dihadapkan pada risiko besar, tentu saja memerlukan kemampuan meng-absord risiko yang lebih besar. Yang pasti BI terus memantau apakah kondisinya sudah bottom atau belum. “Apa ini sudah yang paling buruk. Itu masih terus kita pantau. saya kira dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif oke, apalagi turunnya BI rate, momentum untuk landing semakin besar,” kata dia. Posisi NPL bank sampai Mei tercata 4,6 persen.

Untuk pengawasan, BI telah bekerjasama dengan Bapepam untuk pengawasan product product. “Bank itu sebagai agen itu kan perlu ada aturan. Kita masih menunggu sinkronisasi dengan apa yang akan dilakukan Bapepam karena ada beberapa aspek teknis yang perlu didetailkan,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: